Rabu, 02 Juni 2010

Protozoa

Protozoa



Karakteristik si Protozoa

Protozoa merupakan protista yang ciri-cirinya menyerupai hewan. Nama protozoa itu ternyata berasal dari protos yang artinya pertama dan zoion artinya hewan. Nah sampai saat ini protozoa telah ditemukan sekitar 50.000 spesies yang telah dideskripsikan.
Karakteristik dari si protozoa yaitu:

1.Heterotof, protozoa merupakan organisme heterotof. Protozoa makan dengan cara menlan bakteri, jenis protista lain atau detritus (materi organic dari organisme mati)

2.Tidak memiliki dinding sel, si protozoa umumnya tidak memiliki dinding sel. Tubuhnya dipisahkan dari lingkungan luar oleh membran sel.

3.Berukuran mikroskopis sebagian protozoa merupakan organism mikroskopik, namun beberapa bisa dilihat tanpa mikroskop kok teman-teman.

4.Memiliki alat gerak umumnya, anggota protista dapat bergerak dengan bebas. Alat geraknya ada yang bergerak dengan bebas. Alat geraknya ada yang berupa bulu getar (silia), bulu cambuk (flagel), kaki semu (pseudopodia).

5.Hidup bebas atau sebagai parasit protozoa ada yang hidup sebagai parasit ad juga sih yang jadi parasit hahaha seperti lagunya Gita Gutawa ya… Protozoa yang melayang-layang di air biasa disebut plankton teman-teman itu loh musuhnya Tuan Crab di film Spongebob Squarepants hahaha bercanda

6.Melakukan reproduksi aseksual maupun seksual umummnya sih protozoa ini bereproduksi secara aseksual dengan cara membelah diri, pertunasan atau budding dan juga ada yang rekombinasi genetic dengan cara konjugasi.

7.Memiliki fase aktif dan dorman beberapa protozoa memiliki fase vegetative yang bersifat aktif disebut tropozoit dan fase dorman dalam bentuk sista.

Nah teman-teman sudah tau bukan ciri-ciri dari si protozoa mudah-mudahan teman-teman paham. Nah sekarang komentarilah artikel ini ayo teman-teman!!

0 komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified