Rabu, 02 Juni 2010

Virus Si Kuman Yang Super Mungil

Virus Si Kuman Yang Super Mungil




Virus atau Virion adalah kuman super kecil yang dapat menginfeksi tubuh kita. Virus berukuran sekitar 30-450 nanometer. Dengan ukuran seperti itu berarti teman-teman virus ukurannya lebih kecil 20-100 kali dibandingkan dengan bakteri. Selain super kecil tubuh virus juga super sederhana. Secara umum, tubuh virus hanya terdiri atas dua bagian yaitu kapsid di bagian luar tubuh dan materi genetik di bagian dalam tubuh. Kapsid disusun oleh protein sehingga kapsid disebut juga selubung protein. Materi genetik pada virus ialah RNA atau DNA. Bentuk virus cukup beragam ada berbentuk bulat, batang, berduri-duri, atau Bakteriofage adalah virus yang menyerang bakteri.


Ciri-ciri Virus VS Ciri-ciri Sel Hidup

1. Sel makhluk hidup dapat memproduksi dirinya dengan bebas sedangkan virus hanya dapat memproduksi dirinya didalam tubuh organisme lain. Virus membutuhkan inang.

2. Sel hidup mempunyai dua tipe asam nukleat , yaitu RNA (ribonucleic acid) dan juga DNA (deoksiribonucleic acid) sedangkan virus materi genetik virus hanya mempunyai alah satu tipe asam nukleat yaitu RNA saja atau DNA saja.

3. Sel hidup memiliki system metabolisme untuk mengubah energy potensial dari bahan makanan menjadi energy yang dibutuhkan untuk reproduksi,tumbuh,berkembang dan aktivitas lainnya sedangkan virus tidak memiliki system metabolisme yang dibutuhkan dalam proses biologis.

4. Sel hidup mampu memproduksi semua bagian selnya sedangkan virus hanya memproduksi materi genetic saja.

Nah teman-teman semua melihat karakteristik virus yang setengah hidup setengah mati tersebut jadi wajar jika virus sulit ditentukan apakah dia makhluk hidup atau makluk mati dan sekarang para ilmuwan memutuskan virus adalah organism peralihan dari benda mati ke makhluk hidup. Apa teman-teman sependapat dengan keputusan tersebut tuliskkan pendapat kalian di kolom komentar ya……

0 komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified