Rabu, 02 Juni 2010

Biologi Berdasarkan Struktur Hirarki Kehidupan

Biologi Berdasarkan Struktur Hirarki Kehidupan



Biosfer : Biosfer adalah bagian terluar planet bumi yang merupakan tempat hidup dan proses kehidupan. Di biosfer kita hidup dan melakukan segala aktivitas. Kehidupan kita sangat dekat dengan biosfer. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga alam demi terciptanya keseimbangan dalam biosfer.

Bioma : Bioma merupakan area luas di bumi yang karakteristik lingkungannya serupa. Di sebuah bioma terdapat tumbuhan, hewan, dan organism tanah yang spesifik. Pembagian wilayah bioma dipengaruhi oleh iklim dari suatu wilayah. Contoh bioma adalah bioma gurun, bioma hutan hujan tropis dll.

Ekosistem :Ekosistem terbentuk dari interaksi antara komunitas dengan lingkungan tidak hidup.

Komunitas:Komunitas terdiri atas berbagai populasi pada area geografik tertentu.

Populasi:Populasi yaitu kelompok organisme sejenis yang tinggal di suatu area.

Organisme:Organisme merupakan makhluk yang terstruktur dan memiliki ciri-ciri hidup. Berdasarkan jumlah selnya, organisme dibagi menjadi 2 jenis, yaitu organisme uniselular dan multiselular.

Sistem Organ:Sistem Organ ialah suatu sistem dalam tubuh yang terdiri atas organ-organ yang bekerja sama untuk menghasilkan fungsi tubuh spesifik. Contohnya Sistem Syaraf.

Organ:Organ adalah struktur tubuh yang tersusun dari beberapa macam jaringan yang berbeda untuk menghasilkan fungsi tertentu.

Jaringan:Jaringan yang menyusun suatu organ disusun oleh sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.

Sel:Sel adalah bentuk paling sederhana dari unit kehidupan. Sel mengandung struktur yang disebut organel.

Organel:Organel-organel di dalam sel memiliki fungsi-fungsi tertentu untuk menjalankan kehidupan. Contoh organel adalah mitokondria, ribosom, dan kloroplas dll.

Molekul:Molekul merupakan bagian terkecil suatu senyawa yang memiliki sifat fisika dan kimia tertentu. Molekul terdiri atas satu atau lebih atom yang diikat oleh suatu ikatan kimia.

Nah teman-teman yang mau berkomentar saya persilahkan atau yang mau tukeran link tinggal komentar saja di kolom komentar ya saya tunggu.

3 komentar:

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified