Rabu, 02 Juni 2010

Perkembangan Biologi

Perkembangan Biologi



Istilah biologi lahir pada zaman peradaban Yunani, Bios artinya hidup sedangkan,Logos artinya ilmu. So, biologi pada waktu itu merupakan bidang studi yang khusus mempelajari makhluk hidup saja. Aristoteles (384-322 SM) dipandang sebagai tokoh perintis perkembangan ilmu makhluk hidup. Ia orang pertama yang meneliti berbagai jenis hewan dan tumbuhan, dan hebatnya lagi ia berhasil menggolongkan 500 jenis hewan dan tumbuhan berdasarkan struktur tubuhnya. Ia juga mempelajari perkembangan embrio dan bentuk alat-alat dalam hewan.

Pengetahuan mulai dibicarakan saat manusia mengalami berbagai permasalahan salah satunya yaitu penyakit. Manusia pada waktu tersebut berpendapat bahwa penyakit berasal dari dunia mistik (metafisik).

Dengan berkembangnya pengetahuan beberapa kelompok masyarakat secara diam-diam mencari penyebab penyakit dengan akal sehat. Salah satu pelopornya yaitu Hipocrates (460-372 SM).

Perkembangan biologi semakin maju setelah ditemukannya alat berupa mikroskop oleh Antonie Van Leeuwenhoek. Dengan alat buatan Antonie Van Leeuwenhoek akhirnya Robert Hook mampu menemukan penyusun terkecil makhluk hidup yang disebut sel.

Setelah ditemukannya teori tentang sel berkembanglah menjadi penelitian-penelitian mengenai organel penyusun sel. Terbukti bahwa setiap makhluk hidup organel penyusun selnya berbeda. Karena perbedaan itulah akhirnya para ahli biologi mengklafisikasikan makhluk hidup yang ada di bumi ini. Seperti yang dilakukan Whittaker (1969) mengkalasifikasikan makhluk hidup menjadi 5 kingdom yaitu Monera, Protista, Fungi, Plantae, Animalia.

Nah teman-teman ini baru sedikit saja dari sejarah perkembangan biologi tersebut. Sekian dulu ya artikelnya yang mau memberika komentar saya persilahkan atau yang mau tukaran link dengan saya cukup komentar saja saya akan bertukaran link dengan kalian.

0 komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified